Huaaa udah lama tidak muncul yaa di dunia blogging hehe, welcome back my blog haha, oke langsung aja to the point ya sesuai judulnya, bisa langsung teman-teman praktekan!!
1. POSITIONING
Ini bukan tentang kalian ketika membeli sesuatu sebagai konsumen yang biasa di sebut "RAJA" tapi disini kalianlah yang bertamu jadi jangan anggap anda sebagai Raja ya hehe, yang kadang seenaknya dan semaunya, karena posisi kalian ini adalah meminta bantuan gratisan lagi, betul tidak?
2. BAHASA
Pilih lah bahasa yang sopan, baik dan tidak menyinggung pihak medpart. Karena kalian membawa nama sebuah instansi jangan sampai memalukan pihak dari kamu sendiri. Alangkah baiknya jika kalian memperkenalkan SIAPA KALIAN, ASAL KALIAN DAN MAKSUD KALIAN
(Contoh: Saya Aldi dari Instansi A ingin Medpart untuk kegiatan C, bagaimana SKnya,? Terimakasih)
3. NETRAL
Tidak jauh dari poin kedua yakni pemilihan bahasa, jangan sampai kalian menyama ratakan semua dengan mayoritas yang ada di bangsa kita ya, lebih baik hindari, pilihlah Selamat Malam / Pagi / Siang / atau Sore. Lalu untuk panggilan hindari mas atau mbak akan lebih baik Min/Admin atau Kak.
4. NEGOSIASI
Nah ini yang kadang sering di lupakan oleh para humas atau publikasi, ketika sudah menerima Syarat dan Ketentuan dari sang medpart, mereka biasanya memakan mentah-mentah SKnya padahal tidak bisa dipenuhi karena beberapa sebab, nah kalian bisa loh ajukan kontraprestasi yang bisa di nego kan ulang, yang penting saling menguntungkan, lagian para medpart juga terbuka kok selagi masuk akal hehe.
5. FAST RESPON
Jangan cuma minta pihak medpart cepet respon chat atau email kalian, kalau kalian sendiri juga lelet balesnya. Pastikan jadi atau tidak untuk medpart jangan digantungin ya haha, karena di gantung tuh gak enak kan??
6. SELESAIKAN SK NYA
Jadi selain kalian harus fast respon, kalian juga harus segera menyelesaikan Syarat dan Ketentuan medpart, jangan menunda-nunda ingat point 1 haha. Kecuali jika niat kalian awal hanya "BERTANYA" bukan untuk "MEDPART" secara langsung. Karena tidak hanya kalian yang minta medpart, di Indonesia ada berapa kampus? berapa instansi? startup? siapa cepat dia dapet hehe.
7. JANGAN SKSD
Boleh kok chat atau email pakai emot dan seceria mungkin ketika bertanya dan menanggapi balasan dari pihak medpart tapi pastikan tetap sopan ya jangan sampai seolah-olah sudah kenal sampai-sampai chat seenaknya seperti chat temen atau doi haha tetap ada batasannya meskipun sudah berkali-kali berkerjasama.
8. JANGAN BAPER
Lebih penting dari point 1-7 haha, iya ini tentang attitude, disini tidak hanya membawa nama kalian sendiri meski kadang ada yang pakai akun atau email tidak di kenal, kalian juga membawa instansi, jangan sampai karena hanya bahasa kalian yang tidak sopan sampai harus membuat reputasi instansi kalian jadi jelek / buruk atau bisa jadi hancur hehe. Dan jangan sampai nama atau instansi kalian di blacklist dari dunia medpart atau salah satu pihak medpart, jadi pastikan kalian pilih orang humas dan publikasi dengan baik yaaa.
Sekian ya sharingnya tentang dunia medpartnya, tapi perlu di ingat ya ini hanya hasil pengalaman pribadi jadi tidak bisa di sama ratakan yaa. See you di sharing-sharing berikutnya.
Jika ada saran ada masukan ditunggu komentarnya ya hehe.
Komentar
Posting Komentar